Selasa, 18 Desember 2012

Tips Diet Sederhana Tanpa Menyiksa Diri


Tips Diet Sederhana Tanpa Menyiksa Diri
Program diet memang sering kita dengar jenis dan macamnya. Mulai dari Diet karbohidrat (diet rendah karbohidrat) sampai diet rendah lemak tinggi kalori, atau pun sebaliknya diet rendah kalori tinggi lemak. Betapa banyaknya model diet yang ada. Membingungkan, bukan ? bahkan ada juga program diet yang membuat anda tersiksa karena larangan-larangan dalam program diet tersebut. Namun ada cara pogram diet yang sederhana dan tidak membuat tersiksa seperti uraian dibawah ini :
Program Diet Sederhana
Bekerja adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan agar Anda tetap sehat. Anda harus berolahraga teratur sehingga otot-otot Anda tetap fit dan bekerja sehari-hari. Latihan adalah cara terbaik untuk menggunakan kalori yang berlebihan. Itu masih membakar kalori yang bahkan setelah Anda selesai berolahraga.
Hal penting tentang teknik ini adalah bahwa Anda terus-menerus latihan dan mencoba untuk tetap fit. Selain itu, Anda harus mengembangkan gaya hidup yang akan terus anda gunakan selama-lamanya, dan yang mudah untuk berpindah. Bahwa gaya hidup harus mudah untuk dijalani, dan dapat digunakan untuk seluruh hidup Anda. Anda bisa tetap lapar tetapi kelaparan bukanlah solusi program diet sederhana ini.
Cara lain untuk tetap sehat dan bugar adalah melalui penggunaan peningkat metabolisme. Beberapa trik ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa harus kelaparan fisik. Anda pergi ke tidur dan merasa mengurangi berat badan Anda. Yang paling penting yang harus Anda ingat adalah bahwa Anda tidak boleh memaksakan rencana program diet pada diri sendiri. Jika Anda menikmati program diet apapun, maka Anda harus menerimanya. Ingat! Memulai adalah langkah yang mungkin sulit bagi anda, tapi disinilah pemicu keberhasilan program diet anda.
Jus buah-buahan akan membantu anda. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa buah-buahan adalah salah satu sumber yang sangat baik dan sehat bagi tubuh, ditambah resiko menggemukkan yang minim. Ada satu catatan penting, anda harus menghindari pisang. Kenapa? Karena pisang bukan makanan diet yang sangat baik. Alternatif untuk menikmati buah-buahan dengan cara yang baik dan lezat dengan membuatnya menjadi juice, tidak sedikit yang melakukan ini. Terakhir, tentunya anda bisa berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi tentang program diet apa yang cocok untuk anda.
Adapun dengan langkah-langkah praktis berikut, Anda dapat menjalankan program diet Anda tanpa merasa tersiksa, yakni :
Minum Air Putih
Minum air dapat mengurangi perasaan lapar, Anda dapat mencoba meminum segelas air putih sebelum tergoda keinginan untuk mengemil. Rasa lapar dapat berkurang dengan konsumsi air putih, hasilnya porsi makan pun berkurang. Selain itu, air putih dapat melarutkan lemak yang ada dalam tubuh sehingga mengkonsumsinya sangat baik untuk kesehatan.
Pajang Makanan Sehat Anda
Meletakkan makanan sehat seperti buah atau sayuran di tempat yang mudah terlihat akan memudahkan Anda untuk menjangkaunya. Misalnya dengan meletakkannya di bagian tengah kulkas, sebaliknya posisi keju, biscuit, minuman soda atau makanan lain yang kaya kalori dapat diletakkan di tempat yang kurang terlihat.
Tambah Makanan Sehat dalam Piring
Coba tambahkan sayuran pada piring Anda. Boleh saja sesekali menikmati makanan di restoran favorit Anda, tetapi jangan lupa pesan seporsi salad sebagai pelengkap. Sayuran kaya akan serat yang mampu membuat Anda tetap merasa kenyang sehingga perut tidak menagih untuk terus diisi.
Nikmati Makanan
Mereka yang suka makan cepat cenderung lebih cepat gemuk. Hal ini disebabkan karena jika manusia makan secara perlahan dan menikmati makanannya, maka akan memberikan cukup banyak waktu agar tubuh dapat memberi sinyal kenyang pada otak sehingga porsi makanan yang dimakan lebih sedikit. Hindari juga makan sambil mengobrol atau menonton televisi. Kebiasaan seperti ini akan membuat Anda makan dalam porsi lebih banyak.
Buat Catatan Makanan
Mencatat makanan apa saja yang telah Anda santap dapat membantu Anda lebih berhati-hati untuk setiap makanan yang akan disantap lagi. Ini juga akan membantu agar tidak "kecolongan" dengan makanan yang tinggi kalori yang masuk dalam tubuh.
Catatan hendaknya dibuat secara akurat dan lengkap. Catat semua yang Anda santap termasuk dalam porsi yang kecil seperti 2 keping biskuit juga semua topping dari makanan yang disantap. Misalnya, saat makan roti, catat topping apa yang dipakai. Catat juga seberapa banyak porsi yang Anda makan. Dengan adanya catatan, dapat dianalisa apa yang kira-kira telah membuat berat badan Anda bertambah.
Yang harus diingat dalam melakukan diet adalah perlunya bersikap realistis. Jangan berharap untuk turun terlalu banyak dalam jangka waktu singkat. Dengan pikiran yang tenang dan menerapkan trik praktis ini dapat membuat Anda tidak takut saat akan melakukan program diet. Hadi/ro/pjtv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar